Rencana bisnis Anda umumnya akan menguraikan seluruh bisnis Anda.
Sementara, rencana pemasaran fokus secara khusus dan lebih rinci pada
satu fungsi yakni pemasaran. Ketika pemilik bisnis ingin menyelam lebih
dalam ke strategi pemasaran, mereka kemungkinan besar akan menyusun
rencana rinci yang menguraikan tujuan pemasaran mereka - dan juga
langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan.
Komponen
standar dari rencana pemasaran yang efektif dapat bervariasi tergantung
pada siapa Anda bertanya. Berikut ini kami rekomendasikan lima langkah
proses membuat rencana pemasaran yang akan membantu Anda mencapai
pertumbuhan bisnis.
Langkah pertama: Lihatlah ke dalam Pikirkan
perusahaan Anda seolah-olah seseorang dengan kepribadian dan identitas
yang unik. Dengan pemikiran tersebut, buatlah daftar terpisah yang
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan tujuan bisnis Anda. Lakukan
dengan jujur. Jangan mengedit atau menolak sesuatu yang ada.
Lalu,
temukanlah prioritas di antara poin-poin tersebut. Jika Anda sudah
melakukan hal ini, Anda akan dapat melihat mana yang bisa dilakukan dan
mana yang harus ditunda.
Langkah kedua: Lihatlah ke luarDaftar
berikutnya Anda harus membuat garis besar peluang dan ancaman bisnis
Anda. Peluang dapat mencakup pasar baru, produk baru dan tren yang
mendukung bisnis Anda. Ancaman termasuk kompetisi dan kemajuan teknologi
yang membuat Anda harus mengikuti perkembangan.
Langkah ketiga: Fokus pada strategiSekarang
saatnya untuk menarik daftar Anda bersama-sama. Carilah persimpangan
identitas unik Anda dan target pasar Anda. Dalam hal penawaran bisnis
Anda, apa yang bisa Anda hilangkan dari daftar karena tidak strategis?
Kemudian berpikir untuk tidak fokus dalam mendapatkan konsumen yang
tidak menjadi target pasar Anda.
Misalnya, bisnis restoran yang
terfokus pada kesehatan dengan sajian makanan organik yang mungkin akan
melayani lebih banyak orang yang selaras dengan tren hijau. Jadi, Anda
mungkin dapat menyingkirkan orang yang lebih memilih makan makanan cepat
saji seperti hamburger dan pizza.
Hasil dari langkah ini, Anda
akan mempersempit fokus untuk apa yang paling sejalan dengan identitas
Anda dan yang paling menarik bagi target pasar Anda.
Langkah keempat: Mengatur langkah terukurDapatkan
sampai ke detail yang konkret dan terukur. Strategi pemasaran Anda
harus menjadi rencana yang meliputi review bulanan, pelacakan dan
pengukuran, perkiraan penjualan, anggaran biaya untuk kemajuan
pelacakan.
Langkah kelima: Tinjau dan revisi
Sama
seperti dengan rencana bisnis Anda, rencana pemasaran Anda harus terus
berkembang bersama dengan bisnis Anda. Asumsi Anda akan berubah,
sehingga beradaptasi dengan perubahan bisnis. Beberapa bagian dari
rencana tersebut juga akan bekerja lebih baik daripada yang lain,
sehingga meninjau dan merevisi sangat krusial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar